Materi 6 Sharing Ilmu PPA (bagian 2)

Kalo udah dipraktekin, kita lanjut lagi…

Hikmah dari keterhubungan satu tubuh ini amat sangat banyak, kawan.

Bahkan Rasulullah pernah menggambarkan bahwa; *”Muslim yg satu dengan muslim yang lainnya itu bagaikan satu tubuh. Satu merasakan sakit, maka yang lain juga merasakan sakit”*

Hadist itu terbukti banget di beberapa aksi umat Islam saat ini. Ketika kitab sucinya di hina, seluruh muslim merasakan sakitnya. Mereka berbondong-bondong membela Al Qur’an, dengan aksi damai turun ke jalan. 

(Yang tidak merasa ‘sakit’ saat Al-Qur’an dihina, silahkan perbanyak istighfar dan tanya kenapa bisa demikian?) 😭

Nah, hikmahnya adalah… *Lingkungan juga mempengaruhi kehidupan kita*. Makin sering kita berkumpul dengan orang negatif, maka lama-lama kita juga jadi negatif. Kalo berkumpul dengan orang positif, tentunya kita juga akan jadi positif.

Banyak contoh yang bisa membuktikannya. Kawan kawan pasti sudah paham kan, ya? Jadi ga perlu saya bahas lebih jauh lagi dsini.

Sekarang kita bahas *Tabungan Alam semesta* 

Konsep yang ga kalah penting ketika kita berada di private class.

*Tabungan Alam Semesta* ini adalah suatu konsep turunan dari materi keterhubungan yang diatas tadi. *Semakin kita melakukan banyak kebaikan, maka hal baik yang akan datang ke kita juga akan makin banyak. Begitupun sebaliknya*.

Terus gimana donk, mas? Perasaan… Daya udah rajin sholat, rajin sedekah, rajin baca Qur’an, tahajud dan lain-lain…

Tapi kok hidup saya belom berubah?

Mungkin itulah yang dinamakan *STMJ—Sholat Terus Maksiat Jalan!!*

Sedekah iya, tapi sama tetangga jahatnya minta ampun!(?)

Puasa iya, tapi seneng banget ghibahin artis(?)

Tahajud iya, tapi seneng banget ngambil hak orang lain(?)

Hayooo… coba inget INGEETTT!

Inilah yang disebut _*ganjalan tissue*_

Tabungan kebaikan kita sih udah banyak, tapi ga bisa diambil karena *ada dosa yang menghambatnya.*

Tabungan kita sih udah banyak, di ATM ada 500juta tapi sayangnya di slot mesin ATM ada tissue yang mengganjal… 

Jadi uangnya ga bisa keluar!

Mudah dipahami, ya?

Begitulah kawan, terkadang dosa kita inilah yang *_menghambat cairnya bonus_* dr Allah! 😭 

Ternyata dosa kita pada Allah, ganjalan tissue kita amat sangat banyak.

Tapi jangan khawatir kawan-kawan…

Ada satu doa yang didawamkan oleh para alumni PPA untuk menghapus dosa-dosa kita tersebut, yaitu baca;

*”Subhanallah wabihamdih (100x)”*

Yang mana doa ini bisa menghapus dosa kita walaupun dosa kita tersebut sebanyak buih di lautan.

Masyaa Allah…

Sekarang ganjalan tissue kita sudah hilang.

Namun jangan keburu senang, kawan. Karena masih ada ganjalan tissue yang lain yang harus kita cek!

Kalo tadi ganjalan tissue (dosa) kita pada Allah, gimana kalo ganjalan tissue kita pada sesama manusia?

Itu juga harus dihilangkan!

Kita masih punya dendam sama kawan, sodara, orangtua, anak, istri, suami, tetangga, masih ada rasa kesel, sebel, sakit hati, muak, denger  namanya jadi eneg, benci, karena ada hutang, tanggungan, pernah dihina dan masih menyisakan ganjalan di hati kita.

Pokoknya segala sifat buruk orang lain yang masih amat sangat mengganggu kita, itu juga jadi ganjalan tissue yang menyebabkan doa-doa kita susah cairnya, kawan. Karena kita masih hutang *”memaafkan”* pada orang-orang tersebut. Ada yang kaya gitu?malahan ada beberapa kasus  karena sebab ganjalan tissue tersebut bisa  membuat kita menjadi sakit ini dibahas tuntasn di PPA for Healing klik http://bit.ly/ForHealing

Ada orang suka bikin kita kesel, yo wis maafkanlah, ikhlaskan, doakan semoga orang tersebut kedepannya makin baik lagi, makin soleh lagi dan lain-lain yang baik-baik.

Coba sekarang sebutkan 5 orang yang masih kawan-kawan inget karena kesalahan mereka. Entah mereka punya hutang, punya masalah pribadi, entah mereka suka menghina kita… Pokoknya ketika kita inget orang tersebut bawaannya bete aja.

Tulis…

Kemudian hubungi sekarang dan minta maaflah. Bilang padanya… “saya minta maaf, saya pernah kesel sama kamu. Sekarang saya mencoba ikhlas minta maaf (dan walaupun dia yang salah, katakan…) i love u!

Rasakan… Rasakan… insyaa Allah hati jadi plong! Serasa beban yang berat hilang begitu saja dari pundak kita, pikiran jadi segar.

Hmmmhhhhh…(tarik nafas)

Lebih enakan, kan?

Dan yang jelas selain plong, satu lagi ganjalan tissue yang mengganjal di “slot atm kebaikan” kita lagi-lagi terlepas.

Masih ada satu lagi ganjalan tissue yang bisa menghambat cairnya bonus ibadah kita.

Apa itu?

Yaitu *ganjalan tissue berupa harta, bisa hutang atau piutang*.

Misal kita punya hutang, kita belom bisa bayar… terus kita malah menghindar. Waaaahhhhhh… bahaya itu, kawan! Bisa disumpahin! Kalo udah gitu… siap-siap aja melarat karena sumpah! Ada baiknya ketika kita punya hutang dan belom bisa bayar, tetaplah jaga silaturahmi sama yang memberi hutang tadi. Tanya kabarnya, doakan semoga selalu sehat dan bilang minta maaf belom bisa bayar hutang.

Bisa jadi ketika kita jaga silaturahmi malah justru orang tersebut mengikhlaskan malah meringankan hutang kita. Betul ga?

Tapi kalo sebaliknya, ketika kita punya piutang, selalu ingatkan orangnya. Dan misal keliatannya orang tersebut masih kesulitan bayar, kita tambahkan temponya. Ketika dikasih tempo masih ga bisa bayar juga, yo wis… ikhlaskan! Dengan syarat ikhlasnya diucapkan ke orangnya, ya. Inget, bukan dikhlas-ikhlaskan, apalagi cuma di dalam hati aja. Bukan kaya gitu, ya. Tapi kita harus temui orangnya dan kita katakan kita ikhlas.

Kebanyakan dari kita mah ketika mengikhlaskan hutang kitanya ga ngomong

” Udah saya ikhlasin, mas…” Tapi pas orangnya lewat, di hati masih gondok 😆

Tuh kan masih ada ganjalan hatinya.

Udah, kalo emang keliatanya dia ga mampu bayar, *kunjungi sekalian dan katakan; “baik, hutang kamu saya ikhlaskan!”*

Masyaa Allah… Pastinya teman anda itu senang bukan kepalang. Pastinya doa-doa kebaikan buat kawan meluncur deras di hatinya.

Kalo udah gitu… siap-siap mengalami percepatan! 😍

Alhamdulillah… Selesai juga materi pondasi PPA. 

Pertemuan selanjutnya kita baru akan masuk ke 5 point PPA.

Saya saran, baca lagi materi-materi yang terdahulu untuk mempersiapkan pemahaman menjelang materi Pola Pertolongan Allah yang sebenernya, besok.

Mohon maaafff banget kalo ada kata-kata yang kurang pas. Karena kebenaran hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’aala.

Sekian. 

Sampai dua hari lagi, insyaa Allah.

Wasalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. 😉

Mustahib AR

Agen Of PPA

=====================

*Rangkuman materi 6*

_Bismillahirrohmannirrohim_

Umat muslim semua bersaudara, menyakiti saudara sendiri berarti menyakiti diri sendiri. *”Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagimu sendiri.”* (QS Al Isra 7)

Cause effect (sebab akibat)

Dari segi negatif: masalah itu ada krn perbuatan kita sendiri. Introspeksi diri, apa kita prnh buat org susah/bermasalah makanya hidup kita bermasalah.

*Solusinya: kita kasih kebaikan ke org lain maka kebaikan pula yg kita dpt.*

Semakin bnyk org yg kita do’akan utk kebaikan maka semakin bnyk kebaikan yg akan kita terima.

*Ganjalan tissue (penghambat cairnya bonus/do’a koq blm dikabulkan)*

Coba cek ibadah dan tingkah laku kita, udh sejalan blm? Ntar ibadah udh full tp maksiat, jahatin org, ghibahi dan su’udzon sama org msh jalan terus.

Yuk kita saling mendo’akan sesama kita,, *malaikat akan mengaminkan bagi siapa saja yg mendo’akan saudaranya.* (HR. Muslim no. 4912)

Menghilangkan *ganjalan tissue dgn Allah* bisa dgn bertaubat, istighfar mohon ampun lakukan sprti materi2 sblmnya,, insyaa Allah ganjalan tissue ke Allah bisa berkurang. Bnyk2 baca *”Subhanallah wabihamdi 100x”*

Cek *ganjalan tissue kita sesama manusia,,* masih ada gak??

Rasa dendam sama kawan, org tua, sodara, anak, istri, mertua, tetangga. Msh ada rasa kesel, sebel, sakit hati, muak, eneg, benci, prnh dihina dan hal yg negatif lainnya. *Itu termasuk ganjalan tissue yg menyebabkan do’a2 kita blm terkabul.* kita msh punya hutang *”maaf dan memaafkan”* pada org tsb.

Rasakan apa yg akan terjadi jika kita sudah ikhlas memaafkan atau minta maaf,, insyaa Allah hati lbh plong.

*Ganjalan tissue harta*

Hutang atau piutang, kalo kita blm bisa bayar, blm mampu bayar utang jgn menghindar dari org yg kita hutangi, tetap jaga silaturahmi, tanya kabar, do’akan kebaikan utknya, blg maaf blm bisa bayar hutang.

Kalo misalkan kita yg ngutangi,, trus kita liat dia blm mampu bayar,, ya kasih tempo lg, kalo gak bisa bayar jg…diikhlasin tp dari hati dan diucapkan ke org yg ngutang…Saya ikhlas, hutangmu sudah gak ada.

Bayangkan kalo kita mengikhlaskan hutang org lain pada kita,, sedangkan dia dlm kondisi mati2an buat ngelunasin, rasakan jg kalo kita yg berhutang trus yg dihutangi blg kalo dia udh ikhlas gak usah dibayar,, otomatis hati dan lisan kita mendo’akan kebaikan padanya.

Semoga bisa diamalkan, agar smua ganjalan2 tissue yg menghambat dikabulkannya do’a2 kita bisa segera hilang.

Sekian.

Must To do:

Mulai di cek ganjelan tissue masing masing, jika ada, maka:

  1. Mulai memaafkan orang orang yang sudah membuat kesal hati kita, bawa kedalam doa sertakan mintakan ampun pada Allah swt.
  2. Datangi orang porang yg menajdi ganjelan tissue kita dan kemudian ucapkan 3  kata sakti (I am Sorry, Thank You and I Love U)
  3. I Am sorry, yaitu kita meminta maaf atau memberi maaf atas kesalahan kesalahan yang kita lakukan atau yang dia lakukan kepada kita.
  4. Thank You : Mengucapkan terimakasih atas semua kebaikan kebaikan yang mungkin pernah dia lakukan kepada kita tanpa memandang kesalahanya sedikitpun.
  5. I Love U : Mendoakan kebaikan kebaikan untuk kehidupannya yang sudah kita anggap sebagai saudara sesama muslim yang kita cintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *