Materi 7 Sharing Ilmu PPA (bagian 3)

Allah tuh bisa banget ngasih kawan-kawan mobil saat ini,

 tapi… Luaskan niatnya dulu, bukan hanya untuk keinginan pribadi.

Doanya tuh harusnya gini…(ini yang dilakukan Dian dari Makasar, dia meminta mobil sama Allah) doanya gini;

” Ya Allah saya minta mobil, boleh ya Rabb. Saya akan gunakan mobil itu buat anter sembako dan mengajak anak yatim jalan-jalan, saya ga mau terus-terusan ngerepotin orang yang minjemin saya mobil. Aamiin….”

Allah melihat hati seseorang, dan Allah tau mana yang doanya benar-benar tulus dari hati, baru sampai mulut aja, atau niatnya cuma angan-angan?

Masyaa Allah… Sore harinya ada yang mengantarkan uang 69juta rupiah, dan langsung Dian bayarkan DP mobil! ๐Ÿ˜ญ

Sebenernya banyak banget cerita tentang _*”keajaiban”*_ ketika para alumni PPA sudah mempraktekan “niat luas” ini. 

Kalo saya harus tulis satu persatu, rasanya pasti pegel juga ya ni jemari. ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜Š

Kembali pada *meluaskan niat*

So… Ketika kawan-kawan berdoa jangan hanya memikirkan diri atau diri sendiri dan keluarga aja. Tapi luaskan doa sahabat, luaskan! Jadikan permintaan Anda dipandang baik oleh Allah, dipandang manfaat oleh Allah. Tapi inget… Bukan doa yang niatnya dibuat-buat, ya. Jadi jika memang niatnya beli mobil biar bisa ngajak anak yatim jalan-jalan, ya diresapi, bukan janji palsu. Allah Mahatau, loh kawan.

โ˜Kalo niat kita sempit, gimana mas? Kira-kira akan dikabulkan, ga?

๐Ÿ‘†Allah itu maha baik. Niat sempit pun akan dikabulkanNya, cuma caranya agak bikin kita berlelah-lelah. 

Sekarang saya balik tanya; “mau cara yang enak atau cara yang capek?” (hehhe… Jawab sendiri aja, ya)

#

Kembali pada *pola meluaskan niat*, ini juga biasanya dipakai oleh orang-orang yang udah sukses, loh. 

Lihat deh, banyak orang sukses pasti niatnya bukan buat diri pribadi. Rata-rata niat mereka buat orang lain. Secara psikologis lebih terasa. 

Pernah denger kan kisah seorang anak bertekad jadi dokter yang sukses, karena *_”ketika ibunya meninggal”_* anak tersebut meniatkan agar ia bisa menolong lebih banyak orang, jangan sampe kejadian ibunya meninggal terulang lagi.

Tau juga kan niatnya Bill Gates yang memiliki impian agar setiap rumah minimal mempunyai 1 buah personal komputer?

Mas Ippho Santosa, mengikhlaskan keuntungan bukunya untuk kegiatan sosial.

Merry Riana yang tadinya fokus ingin sukses sendiri, tapi justru setelah mengubah FOKUSNYA memberi manfaat pada banyak orang itulah ia langsung dapet Big Closing!

Jadi konsep ini bisa untuk muslim dan non muslim, ya mas?

Tentu saja bisa, yang membedakan nantinya adalah Aqidah.

Nabi Zakaria ketika meminta anak kepada Allah, bukan karena dia malu belom punya anak (niat sempit)

Tapi beliau (Nabi Zakaria) meminta Anak kepada Allah karena agar ada generasi penerus dakwah setelahnya, bukan hanya penerus keturunan.

Mulai paham ya yang dimaksud dengan *”meluaskan niat”* 

Lantas bagaimana dengan *”Niat yang kuat lurus murni?”*

Jadi gini kawan, yang dimaksud dengan kata *”kuat”* di sini adalah niatan yang luas, yang bukan sekedar keinginan sepintas saja, bukan yang cuma pengen aja. Jangan mikir seperti gini… kayaknya enak tuh punya mobil, terus doa minta mobil. Bukan gitu kawan.

Dan bukan pula karena ingin dianggap mulia, hebat, ingin kemudahan hidup dan sebagainya.

Parameternya adalah kita mengetahui mana doa kita yang bener-bener asli untuk Allah, bukan untuk yang lain.

Bukan kerasnya ikrar, tapi kesungguhan hatilah yang menentukan. 

(Nanti kita bahas di Employee off Allah)

Kemudian yang dimaksud dengan *_murni, adalah tulus keluar dari hati dan bukan baru keluar dari lisan aja. Juga bukan keluar daru angan-angan_* melainkan _*murni keluar dari hati yang benar-benar ingin mendekat ke Allah*_

Apa aja sih tanda/ ciri-ciri doa murni itu?

Ini:

๐Ÿ‘‡

*1. Ketika kita memikirkan keinginan kita itu, hati kita terasa bergetar rindu bahwa apa yang kita ingin itu akan terwujud*

*2. Kebahagiaan hati Anda lebih condong kepada ketika Anda puas melihat banyak orang yang terbantu*

Kawan-kawan… Mariii kita *Back to Allah!* 

Jadikan semua keinginan kita alasannya adalah *supaya Allah senang.*

Contoh doanya; 

Ya Allah… Saya minta rumah 3 sekalian, saya ingin dua rumah sisanya saya jadikan tempat tahfidz anak-anak sini, ya Allah ๐Ÿ˜ญ

Ya Allah… Karuniai hamba rezeki 3 kali lipat dari total hutang hamba. Hamba ingin bayar lunas hutang dan selebihnya buat bantu bayarin orang-orang yang punya hutang.

Ya Allah… Hamba ingin omzet 5x lipat, biar bisa sedekah setiap hari 500 ribu.

Dan lain-lain.

Mulai bisa dipahami, ya? 

Mulai mengerti yaaa, kenapa banyak doa-doa kita yang belum dikabulkan Allah?

Malam nanti saat tahajud, yuk perbaiki cara berdoa kita. Luruskan niatnya. Luaskan doanya.

Insyaa Allah… Allah akan segera mengabulkan doa kita (aamiin….)๐Ÿ™

(Bersambung)

Wallahu a’lam bishowab.

=====================

Rangkuman Materi 7

Bismillaahirrohmaanirrohiim

*5 POINT PPA*

Kawan-kawan…udh ngerasain ruh tauhidnya blm??

Kalo blm,, ulang lg fahami materi2 sblmnya krn kalo pemahaman tauhid itu harus dipastikan hanya terkoneksi pada Allah Subhanahu WaTa’aala, barulah efeknya lebih dahsyat!

Buatlah diri jd _*jatuh cinta*_ kepada Allah, rasakan langsung dengan jasad kita. Ada rasa yg dasyatnya ketika kita sudah mencapai titik rasa _*”Jatuh cinta pada Allah”*_ 

Allah menciptakan kita berikut dgn buku panduannya yaitu *AL-QUR’AN.* Al-Qur’an itu Total Solusi dari setiap permasalahan hidup.

*Point yg pertama*

NIAT KUAT, LURUS DAN MURNI *(kuncinya: Luaskan)”*

๐Ÿ‘†Ini adalah point’ yg paling penting di PPA. 

Ketika meminta, niatnya hrs lurus dan LUASKAN berdo’a bkn hanya utk nafsu pribadi.

Niatan msh dibagi lg mnjadi:

1โƒฃ Niat luas utk kebermanfaatan org banyak.

2โƒฃ Niatan standar, keinginan normal hampir semua org.

3โƒฃ Niatan sempit, hanya keinginan pribadi yg dilandasi nafsu alias ego.

*Niatan kuat lurus dan murni*

Niat yg keluar tulus dari hati bkn sekedar di lisan dan bkn keluar dari angan2 tp murni keluar dari hati yg bener2 ingin mendekat pada Illahi.

Bukan niat yg dibuat2 agar terkabul…

Ciri2 do’a yg murni:

๐Ÿ‘ Hati bergetar rindu ingin terwujud ketika memikirkan keinginan itu.

๐Ÿ‘ Terasa bahagia ketika kita puas melihat org terbantu.

Sekian rangkuman utk materi 7, *intinya mari kita luaskan niat kita bukan hanya utk diri kita pribadi.* Utk contoh2 lbh jelasnya baca ulang pada materi 7.

Yuk kita bahas bagian mana yg blm difahami.

Must To do :

Setelah menyimak materi diatas, silakan kawan-kawan ambil selembar kertas lalu tuliskan Hajat hidup kawan-kawan yang berupa masalah atau keinginan dengan cara dikuatkan, diluruskan, dimurnikan, dan diluaskan, dan anggaplah tulisan itu sebagai bentuk Ikrar kita kepada Allah yang kita sampaikan dalam bentuk doa terbaik, kemudian bubuhkan tgl, nama dan TTD

Kemudian foto draft ikrar/tulisan tersebut dan upload ke grup ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *